Memulai Start up dari 5 langkah sederhana

Lingkungan kerja yang fleksibel dan fun, kantor yang nyaman dan dilengkapi dengan parfum ruangan, baju kerja yang tidak kaku merupakan salah satu ciri khas perusahaan start up. Banyak orang berpendapat bahwa membangun bisnis startup sangat sulit. Mulai dari mencari ide, modal rekrutmen anggota dan lain sebagainya. Apabila kamu memikirkan hingga sejauh itu tanpa melakukan apapun memang terlihat susah, padahal kamu bisa memulai langkah kecil kamu se dini mungkin dan secara bertahap kamu bisa mengembangkan langkah kecil tersebut sehingga mimpi kamu untuk mendirikan start up menjadi nyata.

Mulai dari mencari ide bisnis kamu akan bisa menemukan jalan, dan langkah selanjutnya. Banyak orang yang memikirkan ide dan inovasi yang rumit agar terlihat “keren” dan kekinian. Padahal ide rumit tersebut tidak menjamin bahwa bisnis tersebut akan sukses dan tahan lama. Maka dari itu berhentilah memikirkan hal yang rumit dan mulai dengan hal yang paling sederhana. 5 langkah awal ini bisa kamu lakukan dengan modal yang sangat minim dan mudah untuk di lakukan.

Start up

Start up

  1. Cari Solusi Dari Masalah Di Kehidupan Sehari-hari

Tanpa kita sadari, banyak sekali masalah yang tanpa sadar kamu rasakan karena kamu sudah terbiasa melakukannya. Sebagai contoh banyak brand elektronik yang mengeluarkan varian dispenser yang menaruh galon dari bawah, hal ini tercipta karena adanya kesulitan pemakai dispenser yang harus mengangkat dan meletakkan galon dari atas. Selain itu seringkali galon yang di letakkan tersebut tumpah dan membuat kotor tempat tersebut.

 

  1. Mencari Rekan

Partner sangat di butuhkan dalam membangun start up, hal ini dikarenakan banyak hal yang harus di lakukan pada awal kamu merintis perusahaan tersebut. Akan tetapi pastikan rekan yang kamu rekrut memiliki deskripsi kerja atau pengalaman yang tidak kamu miliki agar dapat saling melengkapi satu sama lain.

 

  1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar merupakan hal yang sangat penting dalam membangun bisnis. Setelah kamu memiliki produk atau jasa yang merupakan solusi dari masalah yang banyak di hadapi orang, lakukan riset pasar akan kebutuhan produk atau jasa tersebut. Dari situ kita bisa memprediksi kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Jangan lupa untuk selalu memiliki cadangan data melalui flash disk atau hard disk, karena data merupakan instrumen yang sangat penting dalam merintis usaha.

 

  1. Mulai

Tidak ada persiapan yang sempurna di awal kamu membangun sebuah bisnis. Persiapan yang paling baik adalah belajar dari pengalaman, maka dari itu mulai lah dengan hal yang sudah kamu persiapkan semaksimal mungkin. Dengan memulainya, kamu akan dapat belajar dari berbagai macam kesalahan yang akan kamu hadapi.

Jatuh bangun merupakan hal yang harus terjadi dalam membangun bisnis, maka dari itu jangan takut untuk memulai langkah kamu dalam merintis usaha sendiri. Kamu juga bisa menyewa suatu ruangan kerja khusus untuk kamu dengan partner usaha kamu. Jangan lupa gunakan jasa service ac dalam ruangan tersebut agar lebih nyaman dalam bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *