Mengetahui Perbedaan Antara Kipas Angin AC dengan Kipas Biasa

Kipas angin AC adalah pendingin yang bentuknya mirip seperti air conditioner, namun fungsinya sama dengan kipas biasa yang Anda temukan. Tidak hanya itu, pendingin satu ini juga bisa mensirkulasikan udara yang ada di ruangan. Kinerja dari alat tersebut sama persis dengan kipas angin.

Hal lain yang perlu Anda ketahui kipas angin AC  tidak mempunyai kompresor dan tidak memakai freon yang ada di AC. Dengan begitu, suhu udara yang ada di ruangan tidak akan berubah menjadi dingin, hanya akan menyesuaikan suhu udara di ruangan saja. Namun tetap sejuk.Untuk itu sebaiknya ANda ketahui dahulu perbedaan dari kipas angin AC dan kipas biasa.

Perbedaan Kipas Angin AC dengan Kipas Biasa

Meski dilihat dari fungsi yang hampir sama, akan tetapi kipas angin AC mempunyai perbedaan dengan jenis kipas biasa, seperti :

1.  Kipas angin AC Menghasilkan Udara Lebih Bersih

Kipas angin AC menghasilkan udara lebih bersih sebab tersedia filter didalamnya. Cara kerjanya yakni dengan menghisap udara masuk kedalam lalu memfilter seluruh udara yang masuk.Hal ini membuat udara yang dikeluarkan jauh lebih bersih daripada udara yang dihasilkan oleh kipas angin pada umumnya.

Kipas angin AC

Kipas angin AC

2. Kipas Angin AC Sulit Pindah Tempat

Karena memiliki bentuk seperti AC, hal ini membuat kipas angin AC hanya akan menempel di dinding atau tembok. Kondisi ini akan sedikit merepotkan apabila Anda mau memindahkannya ke dinding lain. Pastinya, alat tersebut sangat berbeda dengan jenis kipas angin biasa yang biasanya sangat mudah untuk dipindahkan kemana pun.

3.  Kipas Angin AC Mempunyai Remote Control

Kipas angin AC memiliki remote control, dengan begitu Anda bisa mengoperasikan tanpa harus memencet tombol yang ada di alat tersebut.Umumnya kipas angin biasa tidak memiliki remote control tapi beberapa kipas angin biasa juga sudah menyediakan fitur tersebut tapi belum untuk semua kipas angin sebab masih banyak kipas angin manual atau analog.

4. Kipas Angin AC Adalah Barang Rekondisi

Perlu Anda ketahui barang-barang seperti kipas angin AC adalah rekondisi dari AC yang tidak bisa berfungsi lagi.Akan tetapi, jika Anda tidak masalah dengan rekondisi yang ada pada kipas angin AC, barang tersebut dapat menjadi pilihan ekonomis untuk Anda.

Kelebihan dari Kipas Angin AC

  •  Memiliki sirkulasi udara lebih bersih
  • · Memiliki tampilan lebih elegan dan mewah
  • Bisa dirawat dengan sangat mudah
  • Mempunyai Konsumsi daya tergolong rendah, yakni 10-20 watt
  • Mempunyai harga sangat terjangkau bila dibandingkan dengan alat elektronik AC atau jenis produk pendingin lain
  • Dapat dioperasikan melalui remote control
  • Dapat dipakai untuk berbagai ruangan, indoor ataupun outdoor

Merawat Kipas Angin AC

Bisa dikatakan, perawatan kipas Angin AC sangat mudah untuk dilakukan.Anda hanya perlu merawatnya dengan rutin setidaknya satu kali dalam dua minggu supaya udara yang dihasilkan tetap baik dan terjaga.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat kipas angin AC :

  1. Bukalah tutup dari pendingin tersebut yang ada di bagian depan
  2.  Keluarkan filter udaranya
  3. Lalu bersihkan filter tersebut dengan cara dicuci, tidak dianjurkan membersihkannya menggunakan sikat
  4. Apabila sudah dibersihkan dengan dicuci, kemudian jemurlah filter tersebut sampai benar-benar kering
  5. Jika sudah kering, kembalikan lagi filter tersebut ke tempat semula dan kipas angin AC akan menghasilkan udara lebih bersih dan sejuk.

Kipas angin AC mempunyai kelebihan yang tidak ada pada kipas angin biasa, khususnya pada kualitas udara yang dihasilkan, karena menggunakan filter udara didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *