Pencinta Musik Harus Tahu Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis, Sudah Anda?

Anda mengaku gemar bermain musik dan Anda juga mengakui bahwa Anda juga jago membuat lagu. Tetapi, apakah Anda tahu ada berapa tangga nada yang ada pada musik? Kira kira lagu yang Anda buat menganut tangga nada yang mana? Jika Anda bingung dan tak tahu mau menjawab apa, itu tandanya Anda belum benar benar menguasai musik. Anda mungkin mendapat skor 100 dalam praktek tetapi teori musik Anda masih belum bisa mendapatkan skor tersebut. Makanya, tak ada salahnya Anda tahu perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis agar Anda tak hanya pintar dalam praktek tapi teori juga perlu diacungi jempol.

Sebelum Anda mengetahui perbedaan antara tangga nada diatonis dan pentatonis, tak ada salahnya Anda tahu dulu pembagian tangga nada. Dalam ilmu musik, tangga nada dibagi menjadi 2 bagian yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Kedua tangga nada tersebut sama sama bisa menghasilkan lagu yang bagus. Lalu, apa yang menjadikan keduanya berbeda? Hingga penyuka musik harus tahu betul perbedaannya. Mari cari tahu perbedaanya dengan melihat dari beberapa sisi.

Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

Susunan Tangga Nada

Tangga nada diatonis tersusun atas 7 nada primer. Nada primer yang dimaksud adalah nada nada yang sering dijumpai ketika pertama kali belajar musik, yaitu do re mi fa so la si do. Tangga nada diatonis juga tersusun dengan interval 1-1-1/2-1-1-1-1/2.  Sedangkan, tangga nada  pentatonis nada primer yang digunakan jumlahnya lebih sedikit yaitu hanya 5 nada primer, yaitu do re mi fa so. Dari penjelasan di atas, Anda bisa mengambil sedikit kesimpulan bahwa lagu lagu yang dihasilkan oleh tangga nada diatonis memiliki nada yang lebih kompleks, dimana ada beberapa sisipan nada. Sedangkan, lagu yang menggunakan tangga nada pentatonis, nada yang dihasilkan akan lebih sederhana.

Pembagian Tangga Nada

Tangga nada memang terbagi menjadi 2 macam yaitu diatonis dan pentatonis. Namun, pembagian tangga nada masih ada pada keduanya. Tangga nada diatonis terbagi menjadi 2 yaitu diatonis mayor dan diatonis minor. Pada prateknya, tangga nada diatonis mayor dan minor pun mampu menghasilkan lagu yang berbeda. Diatonis mayor yang digadang gadang sebagai tangga nada yang paling mudah dan paling sering digunakan mampu menghasilkan lagu yang membawa kesan semangat dan gembira. Sedangkan, tangga nada diatonis minor biasanya digunakan untuk menciptakan lagu yang kesannya sedih dan sendu.

Perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis agaknya akan sangat tampak saat membahas pembagian tangga nada. Meski sama sama membagi tangga naa menjadi 2 bagian, tangga nada pentatonis membaginya dengan nama pelog dan slendro. Tangga nada pentatonis pelog adalah tangga nada yang mampu menciptakan kesan nge-beat pada lagu. Sedangkan tangga nada pentatonis slendro sebaliknya. Tangga nada bisa menghasilkan lagu lagu yang iramanya kalem.

Penggunaan Tangga Nada

Lagi lagi perbedaan antara diatonis bisa dilihat dengan jelas ketika Anda membahas tentang penggunaan tangga nada. Tangga nada diatonis lebih sering digunakan pada lagu lagu modern atau lagu lagu yang sifatnya kotemporer. Sedangkan, tangga nada pentatonis lebih sering digunakan pada lagu lagu zaman dulu atau lagu lagu rakyat. Agar lebih mudah memahaminya, Anda bisa melihat contoh penerapannya pada lagu lagu berikut. Diatonis mayior diterapkan pada lagu garuda pancasila atau lagu anak berjudul lihat kebunku. Diatonis minor digunakan pada lagu gugur bunga dan mengheningkan cipta. Sedangkan tangga nada pentatonis pelog dapat dilihat pada lagu kicir kicir dan pentatonis minor pada lagu ilir ilir.

Kini ketika ada orang yang mengemukakan dan menanyakan tentang teori musik khususnya tangga nada, Anda sudah bisa menjawabnya. Anda pun kini sudah bisa dijuluki pencinta sekaligus pemain musik karena Anda sudah bisa menjabarkan perbedaan tangga diatonis dan pentatonis. Ada satu lagi syarat agar Anda dapat dikatakan pencinta musik sejati yaitu memiliki alat musik. Jika Anda belum memilikinya, Anda tak usah risau karena Anda bisa membeli segala jenis alat musik secara online lewat blibli.com. Mulai dari alat musik modern hingga zaman dahulu tersedia di market place tersebut. Jadi, mana kira kira alat musik yang Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *